Selasa, 17 Februari 2009

Shejid Lak Kwa Ya

Cia Gwee Jie Jie 2560 (16 Februari 2009) merupakan hari ulang tahun (shejid) dari YM. Tek Hay Cin Jin atau yang biasa disebut Lak Kwa Ya, menurut tradisi Kelenteng Po An Thian Pekalongan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara shejid kali ini juga berlangsung amat-sangat sederhana, karena tidak ada upacara sembahyang bersama. Umat yang hadir juga hanya beberapa gelintir dan dijamu dengan makan mie. Acara ‘ciuk punji’ (pinjam modal dari kongco agar dagangan tambah maju) juga tidak banyak peminatnya, mungkin karena sebagian besar sudah pada mapan dagangannya.

Bila kita telaah, sebenarnya kongco Tek Hay Cin Jin merupakan dewa ‘tuan rumah’ /dewa utama di kelenteng Po An Thian (lihat papan nama Tek Hay Cin Jin di atas pintu masuk kiri-kanan kelenteng), dan beliau juga dipercayai oleh masyarakat Pekalongan sebagai dewa perdagangan. Tapi entah kenapa, dalam memperingati shejid kongco Tek Hay Cin Jin tidak diadakan suatu upacara khusus.

Memang tanggal shejid yang diperingati di kelenteng Po An Thian mungkin berbeda dari kelenteng lainnya, Cia Gwee Jie Jie hanya terpaut seminggu dari segala aktifitas besar Imlek-Cap Go Meh. Segala bentuk kemegahan acara, mulai dari sembahyang Imlek, Khing Thi Kong, kirab Gia Ang dan Cap Go Meh masih sangat terasa. Akan tetapi bila mengingat bahwa kongco Tek Hay Cin Jin juga merupakan dewa ‘tuan rumah’ /dewa utama, selayaknya shejid beliau diperingati dengan segala bentuk kebesaran, layaknya memperingati shejid ‘tuan rumah’ /dewa utama. Tidak perlu dengan kirab, karena seminggu sebelumnya sudah dikirab. Cukup dengan adanya upacara sembahyang bersama dan memberikan sesaji layaknya sesaji shejid dewa ‘tuan rumah’ /dewa utama.

Kalau kita merasa bahwa keadaan di atas sudah merupakan warisan tradisi dari para pendahulu (senior) kita dan tabu untuk diubah, sekarang marilah kita ‘flashback’ pada hari shejid/ wanso dari YM. Sin Long Tay Te. Sejak dari jaman pertama kali yayasan Po An Thian didirikan (tahun 1959), shejid YM. Sin Long Tay Te adalah Jie Gwee Cap Sie (tgl.14 bulan 2 Imlek). Ketika memasuki era millenium baru (menjelang tahun 2000), konon menurut sekelompok orang –yang katanya pernah meneliti sampai ke tempat asalnya YM. Sin Long Tay Te di Tiongkok dan menurut buku Dong Shu- hari shejid yang benar adalah Sie Gwee Jie Pwee (tgl.28 bulan 4 Imlek). Dan dengan penuh keberanian pengurus Po An Thian menetapkan bahwa Shejid / Wanso YM. Sin Long Tay Te adalah Sie Gwee Jie Pwee (tgl.28 bulan 4 Imlek), dan Jie Gwee Cap Sie (tgl.14 bulan 2 Imlek) ditetapkan sebagai hari kedatangan arca kongco YM. Sin Long Tay Te ke kelenteng Po An Thian. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya sesuatu yang kurang tepat dimasa lampau, bisa dibenahi agar menjadi lebih baik. Lalu mengapa tidak dengan kebiasaan yang terjadi pada shejid kongco Tek Hay Cin Jin ?

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menghakimi ataupun menggurui, hanya saja semoga dengan adanya tulisan ini, segenap pengurus kelenteng Po An Thian menjadi lebih kritis dalam menyikapi hal-hal yang mungkin dianggap sepele tetapi sebenarnya amat vital. Semoga di tahun-tahun mendatang, keadaan akan menjadi lebih baik, sehingga kharisma kelenteng Po An Thian akan lebih bersinar terang.

Semoga !

Tidak ada komentar: